Jumat, 04 Februari 2011

Fudhail ibn 'iyadh

Fudhail ibn 'Iyadh,yang berasal pula dari Khurasan dan meninggal di Mecca pada 187 H. Sebelumnya Fudhail ibn 'Iyadh adalah perampok yang bertaubat,dan menjahui duniawi . Fudhail ibn 'Iyadh pernah berkata : "Andaikan dunia dengan isinya di tawarkan kepadaku,pasti aku akan menilainya sebagaimana kalian menilai bangkai yang akan mengotori baju ketika kalian melewatinya ."
Mengenai Riya',Fudhail ibn 'Iyadh berkata : "Membiarkan amal demi manusia adalah riya'. "
Tentang Ma'rifa Fudhail ibn 'Iyadh berpendapat : " Orang yang patut menerima keridhoan Allah adalah yang mengenal Allah."
Dan tentang Zuhud Fudhail ibn 'Iyadh berkata : "Sumber Zuhud adalah keridhoan Allah ."
Mungkin Fudhail ibn 'Iyadh adalah kalangan zuhud pertama yang menekankan lebih pentingnya pembinaan batin dari pada hanya menampakkan diri dengan lahiriah ibadah. Tentang hal ini Fudhail ibn 'Iyadh : " Menurut kamu, seorang anak tidak jadi matang kepricdiannya hanya karena banyak puasa atau sholat,tapi harus karena kedermawanan jiwanya,kelapangan dadanya,dan saran sara6ya kepada orang banyak."
Sebagaimana pendapat-pendapat Fudhail ibn 'Iyadh yang di kemukakan al-Sulami,menunjukkan pemahamannya yang mendalam tentang asketisme atau zuhud,pembinaan jiwa,dan perlunya berhias diri dengan keutamaan-keutamaan .

Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda